INTI SEMUA PERJUANGAN HIDUP INI ADALAH BELAJAR

Oleh : Yustus Didi Riyadi

Dalam artikel yang lalu, saya menyebutkan bahwa inti dari hidup kita adalah belajar. Coba tilik perjuangan hidup kita semenjak dari kecil, hidup kita di usahakan untuk belajar. Belajar nete, makan, bahasa, bicara, meminta, moral, jalan, ilmu pengetahuan dsb. Sampai sekarang pun ketika sudah besar kita terus merasa haus ilmu dan kurang ilmu. Belajar hal hal baru yang menghasilkan nafkah kan tidak ada ruginya. dan yang terpenting adalah belajar bagaimana semua ilmu itu dilaksanakan sehingga medapatkan hasilnya. Nah pada saat kita sudah punya hasil pun kita harus tetap belajar bagaimana mengelola dan menikmati hasilnya itu….

Dibawah ini ada 8 Cara Belajar yang membijaksanakan diri kita.Sering orang beranggapan bahwa masa belajar selesai ketika sudah bekerja. Mereke berhenti belajar sekalipun hanya lulus SMA. Padahal seharusnya belajar terus kita lakukan selama hidup. Selama kita mampu. Tak melihat umur. Karena dengan belajar kita terus dapat mengembangkan diri, mendapatkan ketrampilan baru, mendapatkan cara yang lebih baik atau pengetahuan yang luas.Karena itu saya berikan 8 tips yang dapat dilakukan untuk tetap selalu belajar.

Yang pertama dan ini yang paling saya yakini adalah membaca. Tidak semua orang suka membaca, tapi saya suka membaca. Bagi yang suka membaca cobalah membaca buku sebanyak-banyaknya yang bisa membuat anda ahli di bidang tertentu. Jangan hanya membaca komik atau yang hiburan seperti majalah. Tapi juga membaca sesuatu yang lebih berbobot yang berguna untuk kehidupan bisnis anda.

Yang kedua melakukan surfing di internet. Ceklah hal-hal yang membantu anda menjadi lebih ahli dalam bisnis. Kalau anda seorang sales mencari pengetahuan penjualan yang baik. Kalau anda profesinya akuntansi carilah tentang metode akuntansi yang baik. Dan hebatnya di internet, apapun ada di sana.

Yang ketiga belilah audiobook. Ada buku dalam format audio, ada motivasi dalam bentuk audio. Kalau mau repot bisa diubah ke format mp3 sehingga bisa dimasukkan ke ipod. Dengan audio ini kita bisa mendengarkan sambil melakukan kegiatan lain, misal di jalan atau di mobil. Sehingga bila menganggur, misal menunggu di bandara, bisa mendengarkan audio untuk memperkaya kemampuan anda.

Yang keempat yakni sekolah lagi. Entah di kursusan, sekolah singkat sabtu-minggu, sekolah 2 kali seminggu, atau bisa mengambil MBA selama 2 tahun.

Yang kelima, tanyalah pada yang ahli di bidang itu. Anda ingin mempelajari sesuatu tanyalah pada orang itu baik melalui email atau ketemu langsung.

Yang keenam, ikutlah perkumpulan tertentu khususnya yang sesuai dengan bidang minat anda.

Yang ketujuh, bersahabatlah dengan orang yang lebih pandai dari anda. Anda akan ketularan ilmu darinya sehingga ikut menjadi lebih pandai dan mengikuti apa yang telah dipelajari oleh orang itu.

Yang kedelapan belajarlah dari bos anda, pemilik perusahaan anda atau pimpinan anda. Mereka lebih sukses dari anda tentu mereka mempunyai sesuatu yang lebih dari anda.

Maka itulah 8 hal yang dapat anda kembangkan untuk membuat anda menjadi seorang pembelajar yang baik dan menjadi orang yang lebih sukses dalam hidup ini.

Selamat belajar terus menerus yah. karena dengan belajar kita dapat ilmu, ilmu kita praktekan dapat rejeki/relasi, rejeki bisa kita gunakan untuk hidup kita yang lebih baik dan malah bisa beramal. sehingga hidup ini semakin terjaga dalam kualitas yang terus membaik. Nah proses tersebut adalah kenikmatan karena kita tahu hasilnya sungguh nikmat lahir dan batin…So alangkah lebih baik, jika proses belajar itu pun kita nikmati dengan senikmat mungkin. Dengan cara ini kita tidak akan lagi malas untuk belajar.

Salam bijak
www.hidupbijak.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s